Jumat,22Mei

Minimalisasi Kecelakaan

Teknologi Pengamanan yang Ditawarkan PUMA

Sarana tranportasi adalah salah satu sektor vital dalam perkembangan teknologi. Kebutuhan akan mobilitas yang semakin tinggi membuat orang terus berinovasi. Terutama membuat kendaraan yang futuristik dan ramah lingkungan. April lalu, General Motor (GM) dan Segway memperkenalkan hasil kerja sama mereka yang bernama PUMA.



PUMA (Personal Urban Mobility and Accessibility) adalah kendaraan alternatif berkonsep electrically powered road vehicle. Artinya, PUMA mendapatkan tenaga bukan dari mesin pembakaran internal seperti motor atau mobil pada umumnya. Energi PUMA didapat dari serangkaian baterai lithium-ion yang dipasang pada rangka mobil.

PUMA bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 56 km/jam. Ketahanan baterainya mampu menempuh jarak maksimal 56 km. Saat tenaga baterai habis, pengguna tinggal mengisi ulang. Diperlukan waktu tiga jam untuk mendapatkan energi penuh.

Segway dan GM juga mengutamakan aspek keselamatan pada PUMA. Kendaraan itu di-setting untuk digunakan secara aman. Pemakai PUMA tidak akan bisa melaju atau melewati tanjakan dengan kecepatan tinggi.

Desain PUMA cukup menarik dan praktis. Kendaraan tersebut memiliki dua roda yang dipasang di bagian kiri dan kanan. Ruang kabinnya dapat menampung dua penumpang dewasa. Meski begitu, sang pembuat mengklaim PUMA tetap bisa dikendarai dengan nyaman. Sebab, kendaraan itu dilengkapi dengan teknologi dari Segway.

Rancangan yang ditambahkan oleh Segway tersebut adalah dynamic balancing. Fungsinya adalah menyeimbangkan posisi kedua roda paralel secara otomatis saat berkendara. PUMA juga dilengkapi dengan sistem drive-by-wire.

PUMA memiliki dua roda penyeimbang tambahan yang dipasang di sisi depan dan belakang. Roda itu berfungsi menjaga keseimbangan saat kendaraan diparkir dan membatasi sudut kemiringan roda di jalan.

Saat ini produsen PUMA mengembangkan aplikasi vehicle-to-vehicle communications. Aplikasi tersebut berfungsi seperti GPS (global positioning system) yang dapat melacak dan berhubungan dengan kendaraan lain di sekitar.

PUMA juga memiliki fitur crash-avoidance systems. Fungsinya adalah menghindari tabrakan. Baik antarkendaraan maupun kendaraan dan pejalan kaki. Crash-avoidance systems juga dapat digunakan untuk mengurangi kebutuhan akan airbag.

GM kali pertama memperkenalkan prototipe PUMA pada April 2009. Belum disebutkan berapa harga yang dipatok untuk satu unit kendaraan alternatif itu. Namun, diperkirakan harganya mencapai sepertiga harga mobil pada umumnya. GM berencana memproduksi PUMA secara masal pada 2012.

Spesifikasi PUMA:

Energi PUMA didapat dari baterai lithium-ion.

PUMA dilengkapi digital smart energy management.

Memiliki crash-avoidance systems. Fungsinya meminimalkan kecelakaan. Fitur baru ini juga diproyeksikan mengurangi kebutuhan akan airbag.

PUMA memiliki fitur dyamic balancing seperti Segway.

Dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 56 km/jam.

Ketahanan baterainya menempuh jarak maksimal hingga 56 km.

Memakai sistem kemudi drive-by-wire.

Terdapat dua roda tambahan pada belakang dan depan PUMA. Fungsinya untuk menyeimbangkan kendaraan itu saat diparkir.

0 komentar:

Posting Komentar

About me

Kemanapun...
Tak Perlu Takut Tersesat Jika Kamu Klik


Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online
Peta Online dan
Jasa Pembuatan Toko Online